Profil Chris Hadfield Astronaut yang Bernyanyi di Luar Angkasa

Wahana BeritaChris Hadfield, seorang astronot dari NASA dan CSA, mendapat popularitas di platform media sosial karena sering membagikan video dirinya bernyanyi sambil bermain gitar saat menjalani misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Pengakuan atas bakatnya dalam musik dan antariksa membuat Chris Hadfield dijuluki sebagai astronot multitalenta. Menurut informasi dari situs resmi NASA pada Kamis (28/03/2024), minatnya pada ruang angkasa muncul sejak ia bergabung dengan angkatan udara Kanada pada tahun 1959.

Pada usia 13 tahun, Chris Hadfield menjadi bagian dari Royal Canadian Air Cadets, sebuah program militer untuk anak-anak berusia 12 hingga 19 tahun di Kanada. Sejak remaja, dia mulai belajar mengemudikan pesawat terbang, dan setelah lulus dari teknik mesin pada tahun 1982, dia menjadi pilot tempur untuk Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD).

NORAD adalah organisasi pertahanan bersama antara Kanada dan Amerika Serikat. Selama kariernya, dia telah mengemudikan lebih dari 70 jenis pesawat, dan bahkan diakui sebagai Test Pilot Terbaik oleh Angkatan Udara dan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Pada tahun 1992, Chris Hadfield terpilih sebagai astronot baru oleh Badan Antariksa Kanada (CSA) dari 5.330 pelamar. Dia ditugaskan oleh CSA untuk bekerja di Johnson Space Center milik NASA di Amerika Serikat, di mana dia terlibat dalam penanganan masalah teknis dan pengembangan misi Space Shuttle.

Di NASA, Chris Hadfield juga menjadi komunikator kapsul (CAPCOM) untuk 25 misi Space Shuttle, di mana dia memberikan instruksi kepada astronot di luar angkasa. Pada tahun 1995, dia melakukan penerbangan luar angkasa pertamanya.

Dia adalah satu-satunya astronot Kanada yang pernah mengunjungi dan memperbaiki Stasiun Luar Angkasa Mir. Pada tahun 2001, dia bertugas memasang lengan robotik (Canadarm) untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional yang sedang dalam pembangunan.

Setelah tiga penerbangan luar angkasa, Chris Hadfield pensiun pada tahun 2013. Selama di stasiun luar angkasa, dia membawa gitar sebagai barang pribadinya dan menggunakan kesempatan itu untuk membuat cover lagu, termasuk lagu “Space Oddity” yang sangat terkenal.

Karya-karya musiknya diangkat di media sosial dan mendapat perhatian besar dari masyarakat. Selain menjadi astronot dan musisi, Chris Hadfield juga seorang penulis buku best-seller, fotografer, dan pembicara yang aktif di media sosial bahkan setelah pensiun.

 

Sumber : liputan6.com