Kantor Kementerian Keuangan di Daerah Hilirisasi Bakal Direnovasi

Wahana Berita – Sejumlah kantor Kementerian Keuangan di daerah hilirisasi bakal direnovasi Menkeu Sri Mulyani Indrawati lantaran kondisinya masih buruk.

“Berbagai kantor-kantor kita di daerah itu kondisinya masih sangat tidak baik, ini terjadi utamanya di daerah yang menjadi pusat industri, seperti terjadinya hilirisasi,” ungkapnya dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi XI DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (30/8).

“Banyak kantor bea cukai dan pajak yang tidak memadai di pusat pertumbuhan baru. Ini menjadi perhatian kita. Kami akan terus melakukan perbaikan secara bertahap, proper, dengan menggunakan kepantasan, menjaga tata kelola menggunakan e-katalog dan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sesuai yang dianjurkan dan disepakati, serta menjadi target dari kualitas belanja,” imbuh Sri Mulyani.

Menkeu dengan sapaan akrab Ani itu menegaskan, langkah ini merupakan bagian dari kebutuhan belanja modal Kemenkeu. Kendati, ia berjanji untuk menjaga sederet belanja tersebut.

Tak hanya itu, ia turut menyinggung pelaksanaan anggaran di kementeriannya pada 2022 lalu. Ani menekankan belanja pegawai dan barang juga terus diefisiensikan.

Terkait untuk belanja pegawai, Ani menyebut kebijakan negative growth dan implementasi sentralisasi belanja pegawai mendorong efisiensi. Sedangkan efisiensi belanja barang dilakukan seiring pola kerja baru selepas pandemi covid-19.

“Jumlah pegawai yang terus kita turunkan sesuai kebutuhan kita. Belanja barang kita coba kita efisienkan dari sisi penggunaan IT dengan cara pola kerja baru simplifikasi dari proses bisnis sehingga belanja barang dan birokrasi bisa kita hemat atau efisienkan,” tandasnya.

Sumber: CNN Indonesia