Galaxy AI Hadir di Samsung S23 dan Z Fold 5 Bulan Ini

Wahana BeritaSamsung telah mengumumkan rencananya untuk menyebarkan fitur Galaxy AI ke lebih banyak ponsel dan tablet Galaxy kelas atas (flagship) melalui pembaruan sistem antarmuka OneUI 6.1. Fitur Galaxy AI sebelumnya hanya tersedia di Samsung Galaxy S24 series. Namun, dengan pembaruan OneUI 6.1, fitur ini akan diperluas ke lini Samsung S23 series, Samsung Z Fold 5, Samsung Z Flip 5, dan Galaxy Tab S9 series.

Rencana pembaruan ini diungkapkan berdasarkan laporan dari SamMobile, yang telah mendapatkan akses awal ke OneUI 6.1 dan fitur Galaxy AI di Samsung S23 Ultra dan Galaxy Z Fold 5. Melalui video berjudul “One UI 6.1 is OFFICIAL on Galaxy S23 Ultra!”, fitur-fitur seperti Live Translate, Circle to Search, Interpreter, dan lainnya dapat dinikmati oleh pengguna setelah menjalankan OneUI 6.1.

Berikut adalah beberapa fitur Galaxy AI yang akan tersedia setelah pembaruan OneUI 6.1:

  1. Live Translate: Fitur ini memungkinkan penerjemahan suara dan teks dua arah secara real-time pada panggilan telepon konvensional.
  2. Circle to Search: Pengguna dapat mencari informasi lanjutan dari suatu konten dengan cara melingkari, menggarisbawahi, atau menandai konten tersebut tanpa harus berpindah aplikasi.
  3. Interpreter: Fitur ini memungkinkan dua orang untuk melakukan percakapan secara langsung dalam dua bahasa yang berbeda, dengan tampilan split-screen pada perangkat.
  4. Chat Assist: Samsung Keyboard menyediakan opsi terjemahan, rekomendasi gaya penulisan teks, perbaikan ejaan, dan tata bahasa pada pesan teks di aplikasi seperti Google Message, WhatsApp, dan e-mail.
  5. Generative Edit untuk Foto: Fitur ini menggunakan teknologi AI untuk menyelamatkan foto yang dianggap jelek karena angle tak pas, posisi subjek tak pas, atau objek yang mengganggu.
  6. Note Assist: Fitur AI ini bisa membuat ringkasan, terjemahan, dan memperbaiki ejaan pada catatan di aplikasi Samsung Notes.
  7. Browsing Assist: Pengguna dapat meringkas dan menerjemahkan teks di suatu situs web secara instan menggunakan browser bawaan Samsung, “Internet”.
  8. Transcript Assist: Teknologi AI ini memungkinkan Samsung S24 Ultra untuk mentranskrip rekaman suara secara verbatim atau kata per kata, serta merangkum dan menerjemahkan rekaman suara.

Meskipun pembaruan OneUI 6.1 diharapkan akan dirilis pada akhir Maret, pengguna di Indonesia mungkin perlu menunggu beberapa waktu sebelum pembaruan tersedia untuk perangkat mereka. Pengguna dapat memeriksa ketersediaan pembaruan melalui pengaturan perangkat mereka.

 

Sumber : tekno.kompas.com