Toyota Astra Motor Optimis Hadapi Pemilu 2024: Sentimen Pemilu Tak Pengaruhi Penjualan Mobil

Wahana Berita – Menghadapi momentum Pemilu 2024, Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan keyakinannya bahwa sentimen Pemilu tidak akan berdampak signifikan terhadap penjualan mobil di paruh kedua 2023 hingga awal 2024. Menurut Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director Toyota Astra, faktor yang lebih berpengaruh terhadap penjualan kendaraan adalah kondisi perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Walaupun demikian, TAM tetap optimis bahwa situasi kampanye dan Pemilu dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan pasar roda empat. Kondisi yang semakin positif di bidang ekonomi dan sosial diharapkan akan mampu membawa dampak positif pada pertumbuhan pasar mobil di Indonesia.

Anton juga memproyeksikan penjualan Toyota akan terus meningkat hingga akhir tahun 2023. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya produk baru yang telah diluncurkan pada semester pertama tahun ini. Selain itu, Toyota berencana meluncurkan beberapa produk lain termasuk kendaraan elektrifikasi di paruh kedua 2023.

Dalam rangka menarik minat pelanggan dan memberikan kepuasan purna jual atau aftersales, Toyota akan meningkatkan berbagai program penjualan. Dengan demikian, Toyota berharap dapat mencatatkan pertumbuhan penjualan yang lebih positif dibandingkan tahun sebelumnya.

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan hasil penjualan Toyota sepanjang Januari-Juni 2023 mengalami kenaikan sebesar 7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Segmen MPV menjadi penjualan terbesar dengan total 63.323 unit terjual atau sekitar 39,5 persen dari total penjualan. Diikuti oleh segmen SUV yang terjual 32.972 unit atau 20,57 persen.

Toyota berhasil memperoleh pangsa pasar sebesar 31,7 persen dari total penjualan mobil wholesales di Indonesia hingga Juni 2023. Capaian ini menempatkannya sebagai pemimpin pasar dibandingkan dengan merek pesaing seperti Daihatsu, Honda, dan Suzuki.

Dengan keyakinan dan strategi yang kuat, Toyota Astra Motor siap menghadapi tantangan pasar dan Pemilu 2024. Dukungan konsumen yang kuat dan keunggulan produknya diharapkan dapat terus mempertahankan posisinya sebagai salah satu pemimpin pasar otomotif di Indonesia.

Sumber : bisnis.com