Spesifikasi Oppo Reno 11F Layak Dibeli ?

Wahana BeritaOppo menghadirkan Oppo Reno 11F 5G ke pasar Indonesia pada pertengahan bulan Februari yang lalu. Kehadiran ponsel ini melengkapi varian lainnya dari seri Reno 11 yang sebelumnya sudah diperkenalkan di Indonesia.

Oppo Reno 11F 5G menjadi pilihan ponsel dengan harga yang paling terjangkau di antara semua model yang ada dalam seri Reno 11. Ponsel ini dijual dengan harga sekitar Rp 4,5 jutaan, sementara Oppo Reno 11 5G dijual dengan harga sekitar Rp 6 jutaan, dan seri Pro 5G dijual sekitar Rp 9 jutaan.

Meskipun terdapat perbedaan di antara ketiga ponsel tersebut, perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan. Salah satu perbedaan terlihat dari bobot ponsel, di mana Oppo Reno 11F menjadi yang paling ringan dengan bobot 177 gram, sedangkan Oppo Reno 11 memiliki bobot 182 gram, dan Oppo Reno 11 Pro memiliki bobot 181 gram.

Dari segi kamera, sensor utama Oppo Reno 11F memiliki resolusi yang lebih besar, yaitu 64MP dengan aperture f/1.7. Sementara itu, Oppo Reno 11 dan Reno 11 Pro dilengkapi dengan kamera utama berkekuatan 50MP.

Selain itu, Oppo Reno 11F juga dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 5.000 mAh, yang sama dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Oppo Reno 11. Keduanya juga dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat sebesar 67W.

Layar Hp dan Bentuk Bodi

Oppo menerapkan teknologi Magnetic Particle dalam desain bodi Oppo Reno 11F 5G. Tekstur bagian belakangnya tidak begitu halus dan tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel tanpa perlu melindunginya dengan pelindung atau menambahkan case yang disertakan dalam paket penjualan ponsel.

Selain memiliki bobot yang ringan, Oppo Reno 11F juga memiliki ketebalan yang tipis, yakni hanya 7,54mm. Dengan demikian, ponsel ini terasa nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama atau disimpan di saku celana tanpa memberikan rasa terlalu besar. Meskipun dilengkapi dengan case bawaan dari kotak penjualan, ponsel ini tetap nyaman digenggam tanpa membuatnya terlalu besar.

Bentuknya sangat pas digenggam dan digunakan, serta memberikan stabilitas yang memadai saat digunakan untuk bermain game atau menonton video dengan satu tangan. Speaker yang jernih dengan volume hingga 300% juga akan meningkatkan pengalaman saat menonton video, mendengarkan musik, atau bermain game.

Layar Oppo Reno 11F memiliki ukuran 6,7 inci dengan desain punch hole. Bezel nya lumayan tipis dan memiliki rasio screen to body mencapai 93,4%. Keberadaan bezel yang tipis ini memberikan pengalaman menonton video atau bermain game yang lebih luas dan mendalam.

Kamera

Dari segi fotografi, Oppo menghadirkan tiga kamera pada ponsel ini. Kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 64MP, sementara kamera ultrawide memiliki resolusi 8MP, dan kamera macro memiliki resolusi 2MP. Oppo menjamin kualitas gambar yang tinggi untuk hasil foto yang dihasilkan oleh kamera-kamera tersebut.

Ada tiga pilihan zoom yang tersedia, yaitu 0,6, 1 (normal), dan 2x, yang mampu menghasilkan gambar dengan cakupan bidang yang berbeda tetapi memiliki kualitas yang sama. Zoom ini dapat diperluas hingga 10x. Meskipun demikian, hanya tiga zoom utama yang masih memberikan hasil yang memuaskan, sedangkan pilihan zoom lainnya dapat menghasilkan gambar yang kabur atau tidak fokus.

Mode Malam

Fungsi mode malam yang telah dimasukkan ke dalam ponsel membantu meningkatkan kejelasan foto yang diambil dalam kondisi cahaya rendah. Namun, penggunaan mode tersebut tidak menghasilkan perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan foto yang diambil tanpa menggunakan mode malam.

Baterai & Kinerja HP

Oppo Reno 11F dilengkapi dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Saat digunakan untuk berbagai kegiatan intensif seperti chatting, menonton video streaming, mendengarkan musik, dan bermain game, ponsel mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Kami hanya perlu mengisi ulang baterai sekali setelah menggunakannya sepanjang hari, walaupun pada malam hari masih tersisa sekitar 15-20% baterai setelah sebelumnya sudah terisi penuh.

Pada penggunaan yang agak lama dan intensif, ponsel cenderung akan menghangat. Contohnya, ketika digunakan untuk mendengarkan podcast selama 45 menit, suhu ponsel akan naik dan baterai akan berkurang sekitar 8%. Demikian pula saat digunakan untuk bermain game Rhytm Hive selama setengah jam, ponsel akan mengalami pemanasan.

Oppo Reno 11F juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat Supervooc 67W. Oppo menyediakan kabel charger beserta adaptor di dalam paket penjualan ponsel. Untuk mengisi baterai dari 1% hingga penuh, membutuhkan waktu hampir satu jam. Sedangkan untuk mengisi baterai dari 20% hingga 75%, hanya memerlukan waktu sekitar 25 menit.

Dalam hal performa, Oppo Reno 11F menggunakan chipset Mediatek Dimensity 7050, yang sering digunakan pada ponsel kelas menengah. Chipset ini juga digunakan oleh Oppo Reno 11. Hasil uji benchmark pada Antutu menunjukkan skor sebesar 577.184, yang dapat dikatakan cukup standar untuk chipset tersebut.

Tidak ada masalah yang muncul dalam hal kinerja. Ponsel dapat digunakan dengan lancar dalam aktivitas sehari-hari, termasuk beralih antar aplikasi tanpa adanya lagging atau hambatan.

Sumber : cnbcindonesia.com