Spesifikasi Mobil Mewah China yang Ditumpangi Prabowo, Harganya Rp 11 Miliar

Wahana BeritaPrabowo Subianto dikabarkan menggunakan mobil Hongqi L5 saat mengunjungi Beijing. Berikut adalah detail spesifikasi sedan mewah dari China tersebut.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan perjalanan ke Beijing, China, dimana ia berangkat dari Indonesia pada Minggu (31/3) pagi. Saat tiba di bandara, Prabowo ditemani oleh mobil mewah.

Mobil mewah yang digunakan adalah Hongqi L5. Video berdurasi 1 menit yang diunggah oleh akun X Kemhan RI menampilkan mobil tersebut, yang desain door trim-nya identik dengan Hongqi L5.

Hongqi L5 bukanlah mobil biasa, sebelumnya mobil ini telah menjadi kendaraan VVIP bagi Xi Jinping. Mobil ini menawarkan kemewahan dan kenyamanan yang tiada tanding bagi penumpangnya.

Menurut laman FAW, Hongqi L5 memiliki dimensi panjang 5.555 mm, lebar 2.018 mm, dan tinggi 1.578 mm, dengan jarak sumbu roda sebesar 3.435 mm dan menggunakan ban berukuran 275/40 R20. Tampilannya terkesan klasik dengan lampu depan halogen yang menyerupai laras senjata, dilengkapi dengan ventilasi udara di sekitar rumah lampu yang terhubung ke mesin.

Di atas bonnet, terdapat emblem bendera L5, sementara lampu sein menggunakan LED yang berbentuk seperti bendera, mencerminkan karakter kuat dari Hongqi L5.

Sebagai limosin mewah, mobil ini menawarkan kenyamanan maksimal bagi penumpangnya. Joknya memiliki sandaran kepala yang terinspirasi dari topi resmi di Dinasti Tang dan fitur pijat. Hongqi mengklaim bahwa kenyamanan kursi mobil ini setara dengan kabin pesawat pribadi.

Pegangan pintu di depan dan belakang dilengkapi dengan batu giok berukuran 23 x 35 mm yang terinspirasi oleh perhiasan emas, membentuk gambar awan dan naga.

Bagian belakang mobil dilengkapi dengan layar sentuh 8 inci dengan resolusi 800 x 600 untuk mengontrol sistem hiburan. Di bawah kap mesinnya, terdapat mesin 60 N (V12) berkapasitas 6.0 L yang mampu mencapai kecepatan hingga 210 km/jam, dengan tenaga maksimal 300 kW pada 5.600 rpm dan torsi 550 Nm pada 4.000 rpm, serta transmisi 6 percepatan manual-auto all-in one.

Mobil ini menggunakan bensin dengan tangki berkapasitas 105 liter, dengan konsumsi sekitar 18 liter per 100 km atau setara dengan 5,55 km/liter.

 

Sumber : oto.detik.com