Shin Tae-yong Mendukung Pemain Naturalisasi, Menegaskan Hak Mereka untuk Mewakili Timnas Indonesia

Wahana Berita – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kembali menyuarakan dukungan untuk pemain naturalisasi dalam skuad Garuda menjelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam. Ia menegaskan bahwa para pemain naturalisasi memiliki hak untuk memiliki paspor Indonesia dan dipanggil untuk membela tim nasional karena memiliki darah keturunan Nusantara.

Shin Tae-yong bersama PSSI telah melirik beberapa pemain keturunan untuk memperkuat Timnas Indonesia, termasuk Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Nathan Tjoe-A-On yang berpotensi debut melawan Vietnam. Meskipun demikian, Maarten Paes masih harus menunggu proses naturalisasi sebelum dapat dipanggil.

Kehadiran pemain naturalisasi dalam skuad Garuda memicu berbagai komentar dari pihak Vietnam, termasuk pernyataan dari pemain Vietnam, Do Duy Manh, yang menyatakan kebingungannya akan melawan Timnas Belanda atau Indonesia karena banyaknya pemain naturalisasi di skuad Indonesia.

Shin Tae-yong kembali menegaskan bahwa semua pemain yang dinaturalisasi telah memiliki darah Indonesia dan layak untuk mewakili tim nasional. Ia juga menegaskan bahwa pemanggilan pemain naturalisasi bukan semata-mata untuk menambah jumlah pemain baru dalam skuad, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas tim, terutama dengan keberadaan pemain yang berkarier di liga Eropa.

Pelatih Vietnam, Philippe Troussier, juga memberikan pandangannya terkait strategi naturalisasi, mengakui bahwa hal ini dapat membawa dampak positif bagi tim nasional. Dia bahkan berharap Vietnam juga dapat mengikuti langkah Indonesia dalam mendatangkan pemain naturalisasi untuk meningkatkan kualitas tim.

Meskipun demikian, Troussier juga mengakui bahwa Vietnam masih mengandalkan pemain lokal sepenuhnya saat ini dan belum menerapkan strategi naturalisasi seperti negara-negara tetangga. Namun, ia menyatakan harapannya untuk melihat adanya pemain naturalisasi yang dapat meningkatkan kualitas tim dan memotivasi para pemain lokal di masa depan.

Sumber : liputan6.com