Reality Club Rilis Album Ketiga dengan Berbeda

Wahana Berita – Siapa kalangan Gen Z yang tidak kenal Reality Club. Band yang dibentuk di Jakarta pada tahun 2016 ini namanya kian melambung saat hits “Is It The Answer” mereka meledak. Band yang digawangi oleh Fathia Izzati, Era Patigo, Faiz Novascotia, dan Nugi ini baru saja meluncurkan album baru yang bertajuk “Reality Club Presents…”. Album yang dirilis pada tanggal 26 Mei 2023 lalu tersebut terdiri dari 10 tracks, beberapa lagu diantaranya sudah pernah dirilis sebagai single maupun video klip di Youtube Reality Club, beberapa lagi memang rilisan baru.

Ada yang Berbeda di Album Ketiga

Ada yang berbeda dari album Reality Club kali ini. Pada 2 album pertamanya yakni Never Get Better (2017) dan What Do you Really Know (2019) Reality Club masih sebuah band yang terdiri dari 5 orang personel. Kala itu masih ada Iqbal Anggakusumah yang mengisi posisi Gitar. Namun pada November 2022, secara mengejutkan Iqbal mengumumkan kepergiannya dari band yang telah membesarkan namanya. Ia pergi di tahun keenamnya bersama Reality Club dan kehengkangannya tersebut diumumkan melalui akun Instagram pribadinya @iqbalanggakusumah. 

Netizen banyak berspekulasi mengenai kepergian Iqbal. Ada yang mengasumsikan Iqbal pergi karena berkonflik dengan Band, namun tidak sedikit pula yang berkesimpulan Iqbal akhirnya pergi karena merasakan berat satu band dengan mantan kekasihnya. Namun ternyata asumsi liar dari netizen tersebut mampu sedikit diluruskan oleh Faiz. Pada interviewnya dengan Soleh Solihun di youtube Authenticity, bahwa kepergian Iqbal karena sudah tidak sejalan dan ‘pisah’ adalah opsi terbaik yang mereka bisa pilih. Lantas Soleh menegaskan apakah adanya konflik antara Iqbal dengan Reality Club? Nugi menjawab bahwa tidak adanya konflik. Ditambahkan oleh Chia, bahwa kepergian Iqbal tersebut sudah hasil diskusi bersama. Selain itu, ingin bersolo karir pun juga menjadi faktor juga mengapa Iqbal akhirnya berpisah dengan Reality Club.

Jejak Iqbal dalam Album Ketiga

Meski sudah berpisah dengan Reality Club namun lagu-lagu yang masuk ke dalam album baru tersebut masih banyak sentuhan Iqbal di sana. Tercatat bahwa lagu “Arrowhead Man” ditulis oleh Chia & Iqbal. Dari ke 10 lagu tersebut pun Iqbal masih terlibat dalam penggarapan aransemennya. 

Terlepas dari kepergian Iqbal, album ini menghadirkan sentuhan yang sedikit berbeda. Di mana album ini cenderung multi genre, serta sentuhan orkestra cukup lekat di sejumlah lagu. Album “Reality Club Presents…” sudah dapat diakses di seluruh platform streaming lagu