Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara Apakah Bisa Selesai 2024?

Wahana Berita – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengungkapkan kemajuan pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara di kawasan istana kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, mengungkapkan bahwa progres fisik proyek tersebut saat ini mencapai 12,83 persen.

Diana juga memastikan bahwa upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia pada tahun 2024 akan berlangsung di lokasi tersebut, sesuai dengan arahan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Hal ini disampaikannya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI pada Selasa (13/6/2023).

Proyek pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara sedang berlangsung di lahan seluas 100 hektar. Kawasan istana negara tersebut akan mencakup area seluas 50 hektar dan akan memiliki taman botani seluas 50 hektar.

PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PTPP) bertanggung jawab atas pembangunan gedung istana negara dan lapangan upacara di kawasan istana kepresidenan IKN Nusantara dengan nilai proyek sebesar Rp1,34 triliun. Sementara itu, PT Waskita Karya (Persero) Tbk. sedang melaksanakan proyek pembangunan gedung sekretariat presiden dan bangunan pendukung di kawasan istana kepresidenan IKN Nusantara dengan nilai proyek sebesar Rp1,35 triliun. Proses pembangunan ini dimulai sejak November 2022 tanpa adanya prosesi groundbreaking dari pemerintah.

Sebelumnya, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, mengungkapkan bahwa progres pembangunan istana negara di IKN saat ini telah mencapai 12 persen. Dia memastikan bahwa progres tersebut masih sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pemerintah. Pihak terkait juga terus berusaha untuk mempercepat penyelesaian proyek ini agar upacara peringatan HUT RI 2024 dapat dilaksanakan di area tersebut.

“Di depan istana presiden, terdapat lapangan untuk upacara Agustus 2024. Saat ini, progres pembangunan masih sesuai dengan rencana. Kami berharap bahwa pada Agustus 2024, area tersebut sudah dapat digunakan,” ungkapnya.

Dengan perkembangan proyek ini, dapat dipastikan bahwa Istana Negara dan lapangan upacara di IKN akan menjadi simbol yang penting dalam peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, menandakan semangat dan kebanggaan sebagai negara yang terus maju.

Sumber : bisnis.com