Menjelang Lebaran, Tempat Liburan Keluarga di Bogor

Wahana Berita – Saat musim liburan sekolah tiba, Bogor menawarkan banyak pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa dari destinasi liburan yang populer di Bogor saat ini menjadi favorit di kalangan pengunjung.

Jika Anda tengah mencari pengalaman wisata yang tidak biasa di Bogor, lokasi ini bisa menjadi alternatif yang menarik. Berbagai kegiatan menarik tersedia di sana, mulai dari piknik, kegiatan outbound, menikmati BBQ sambil menikmati panorama alam, glamping, atau bersantai di tepi sungai atau di tengah sawah.

Agrowisata Gunung Mas

Jika Anda menginginkan liburan yang menyegarkan dengan pemandangan hijau yang indah, maka Agrowisata Gunung Mas bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain keindahan alamnya yang memukau, Agrowisata Gunung Mas juga menyediakan berbagai macam wahana menarik untuk para wisatawan, seperti yang dilaporkan oleh Kompas.com (5/1/2023). Termasuk di dalamnya adalah pengalaman menyeberangi Tea Bridge, mengikuti kegiatan offroad, menikmati staycation, atau ber-glamping di tepi sungai. Kawasan Agrowisata Gunung Mas Bogor juga sering digunakan sebagai tempat berkumpul. Harga tiket masuk ke kawasan Agrowisata Gunung Mas Bogor adalah Rp 15.500 per orang pada hari Senin hingga Jumat, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu harga tiketnya menjadi Rp 20.000 per orang. Biaya tiket ini terpisah dari harga wahana lainnya. Jika Anda penasaran dengan Agrowisata Gunung Mas, Anda dapat mengunjungi Jalan Raya Puncak Gadog Km 8, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua.

Villa Khayangan

Villa Khayangan menawarkan beragam fasilitas akomodasi, hiburan, dan tempat-tempat yang menarik untuk berfoto Instagram. Berdasarkan laporan dari Kompas.com (4/1/2023), tersedia 34 tempat yang cocok untuk berfoto, seperti bunga sakura, panorama gunung, replika landmark Bali, air terjun, dan sawah. Di samping itu, tersedia beberapa jenis penginapan di Villa Khayangan, termasuk vila, kamar, glamping, dan tenda. Tak hanya itu, Villa Khayangan juga menawarkan variasi berbagai wahana hiburan untuk keluarga dan anak-anak, termasuk keranjang terbang, peternakan kelinci, sepeda becak kecil, bioskop mini 3D, bermain air dengan bebek, dan wahana flying fox. Pengunjung dapat masuk ke Villa Khayangan Bogor dengan membayar tiket masuk mulai dari Rp 35.000 per orang pada hari kerja. Sedangkan pada akhir pekan, harga tiket masuknya mulai dari Rp 40.000 per orang. Lokasinya terletak di Puncak Dua, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Segar Resto & Nursery

Apabila Anda dan keluarga tertarik untuk mengisi liburan dengan menikmati kuliner, tempat yang satu ini layak untuk dikunjungi. Sawah Segar Resto & Nursery merupakan restoran keluarga yang berkonsep alam di daerah Sentul, Bogor. Restoran ini memiliki luas sekitar 4.200 meter persegi dan dilengkapi dengan beberapa gazebo serta joglo sebagai area makan, seperti yang dilaporkan oleh Kompas.com (30/7/2022). Pengunjung bisa merasakan pengalaman unik dengan berjalan di atas pematang sawah untuk mencapai area makan tersebut. Joglo memiliki kapasitas untuk 30 hingga 45 orang, sementara gazebo dapat menampung hingga 15 orang. Tidak ada minimum order bagi pengunjung yang ingin makan di joglo, namun bagi yang memilih gazebo dengan pemandangan sawah, minimum order sebesar Rp 350.000 diberlakukan. Salah satu daya tarik restoran ini adalah mini bird park yang menyajikan delapan jenis burung, termasuk burung macaw dan parkit. Sawah Segar Resto & Nursery baru dibuka sejak 17 Agustus 2020.

Cibubur Garden Eat and Play

Jika Anda sedang berada di sekitar kawasan Cibubur, Anda dan keluarga dapat singgah ke Cibubur Garden Eat and Play. Destinasi wisata baru ini terletak di Jalan Pasar Lama, Cileungsi, Kabupaten Bogor. Seperti dilansir oleh Kompas.com (15/1/2023), Anda dapat memasuki gang di sebelah Rumah Makan Nyi Iteung untuk mencapai lokasi tersebut. Terdapat berbagai macam wahana yang tersedia untuk dinikmati, termasuk trampolin, mainan lego, istana balon, ayunan, kuda-kudaan, sepeda, becak mini, balon air, mobil bom-bom, kolam bola, dan seluncuran donat alias pelangi raksasa. Harga tiket masuknya dihargai sebesar Rp 25.000 per orang, baik pada hari biasa maupun akhir pekan, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Tarif tersebut mencakup akses ke wahana seperti trampolin, mainan lego, ayunan, becak mini, dan gazebo.

Kuntum Farmfield

Destinasi liburan di Bogor ini sangat sesuai untuk anak-anak. Kuntum Farmfield menerapkan gagasan agrowisata dan pendidikan. Para pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan, mulai dari memberi makan hewan ternak hingga berkuda. Di samping itu, anak-anak juga dapat belajar dan mencoba langsung kegiatan bercocok tanam. Kuntum Farmfield menawarkan area peternakan, pertanian, dan kebun yang menjadi tempat petualangan yang menyenangkan bagi anak-anak. Lokasinya berada di Jalan Raya Tajur No. 291 Sindangrasa, Bogor, dan buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Harga tiket masuknya dimulai dari Rp 60.000 untuk hari-hari biasa dan Rp 70.000 untuk akhir pekan serta hari libur nasional.

Sumber : travel.kompas.com