Mengenal Fixed Wireless Access: Solusi Akses Internet yang Fleksibel dan Efisien

Wahana Berita – Dalam era digital yang terus berkembang, akses internet yang cepat dan andal menjadi kebutuhan utama bagi individu dan bisnis di seluruh dunia. Salah satu teknologi yang semakin populer untuk memenuhi kebutuhan ini adalah Fixed Wireless Access (FWA). Fixed Wireless Access merupakan metode menghubungkan pengguna ke jaringan internet menggunakan gelombang radio melalui antena tetap, tanpa perlu kabel fisik seperti serat optik atau tembaga. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang konsep Fixed Wireless Access, manfaatnya, dan bagaimana teknologi ini telah mengubah cara kita terhubung dengan internet.

Bagaimana Fixed Wireless Access Bekerja?

Fixed Wireless Access menggunakan stasiun basis yang terletak pada lokasi tertentu, biasanya di tempat yang memiliki sinyal internet yang kuat. Stasiun basis tersebut kemudian mengirimkan sinyal radio ke antena tetap yang dipasang di gedung atau rumah pengguna. Antena ini kemudian mengonversi sinyal radio menjadi sinyal internet yang dapat digunakan oleh perangkat pengguna seperti komputer, ponsel cerdas, atau perangkat IoT lainnya.

Manfaat Fixed Wireless Access

  1. Fleksibilitas: FWA memungkinkan akses internet tanpa kabel fisik, sehingga sangat cocok untuk daerah yang sulit dijangkau oleh infrastruktur kabel tradisional. Ini membuatnya menjadi solusi yang ideal untuk daerah pedesaan atau terpencil.
  2. Pemasangan Cepat: Dibandingkan dengan pembangunan infrastruktur kabel yang memakan waktu dan biaya, FWA dapat dipasang dengan cepat dan relatif mudah. Hal ini memungkinkan penyedia layanan internet untuk menyediakan akses internet dalam waktu singkat.
  3. Biaya Terjangkau: Tanpa perlu menginvestasikan dalam infrastruktur kabel yang mahal, FWA sering kali lebih terjangkau baik untuk penyedia layanan maupun pelanggan. Ini dapat membantu meningkatkan ketersediaan akses internet yang terjangkau di berbagai lokasi.
  4. Kinerja yang Baik: Teknologi FWA terus mengalami perkembangan, dan saat ini dapat menyediakan kecepatan internet yang kompetitif dengan infrastruktur kabel tradisional. Dengan menggunakan frekuensi yang tepat dan teknik transmisi yang canggih, FWA dapat memberikan koneksi yang stabil dan andal.

Penerapan Fixed Wireless Access

Fixed Wireless Access telah menjadi pilihan yang populer bagi penyedia layanan internet di berbagai negara. Selain untuk menyediakan akses internet di daerah pedesaan atau terpencil, FWA juga digunakan sebagai alternatif untuk menyediakan layanan internet di kota-kota yang sudah padat dengan infrastruktur kabel yang ada.

Kesimpulan

Fixed Wireless Access merupakan solusi yang efisien dan fleksibel untuk menyediakan akses internet di berbagai lokasi. Dengan kemampuannya untuk dipasang dengan cepat, biaya yang terjangkau, dan kinerja yang baik, FWA telah mengubah cara kita terhubung dengan internet dan membantu meningkatkan inklusi digital di seluruh dunia.

 

Sumber : tekno.kompas.com