Mengalami Pengalaman Spiritual Istanbul Selama Bulan Ramadan

Wahana Berita – Sebagai kota yang kaya akan sejarah dan warisan Islam, Istanbul menawarkan pengalaman yang tak terlupakan selama bulan Ramadan. Di sana, spiritualitas Ramadan dipadukan dengan beragam perayaan yang unik.

Salah satu tradisi Ramadan yang indah di Istanbul adalah mahyas gaya Ottoman. Spanduk-spanduk yang dihiasi dengan pesan Ramadan dan saat ini dipasang di menara-menara masjid, menciptakan pemandangan yang menakjubkan di antara waktu sore dan ashar.

Selain itu, ritual panggilan bangun sahur oleh penabuh rebana Ramadan menjadi momen yang menyenangkan. Mereka membangunkan warga muslim dengan gendang mereka dan melantunkan puisi-puisi tentang Ramadan, mengajak mereka untuk sahur sebelum azan subuh.

Saat berbuka puasa, meja makan dipenuhi dengan hidangan lezat. Salah satu hidangan khas Ramadan di Istanbul adalah roti pita Ramadan (Ramazanpidesi) dan gullac, makanan penutup Turki yang terkenal. Di samping itu, meja berbuka puasa kolektif di alun-alun terkenal seperti di kawasan Sultanahmet memperkuat rasa persatuan, komunitas, dan berbagi.

Sementara itu, masjid-masjid dan situs bersejarah di Istanbul menyediakan tempat yang ideal untuk meningkatkan spiritualitas. Pengunjung dapat mengunjungi Masjid Eyup Sultan, Masjid Sultanahmet, dan Istana Topkapı, serta melihat artefak bersejarah di departemen Peninggalan Suci Istana.

Di malam hari, Istanbul menjadi tempat yang bersinar dengan berbagai acara seperti konser musik Sufi, pembacaan puisi, dan pertunjukan tradisional. Semua ini menjaga semangat Ramadan tetap hidup hingga sahur.

Di pagi Hari Raya Idul Fitri, warga Istanbul mengenakan pakaian terbaik mereka untuk melakukan kunjungan ke keluarga dan teman. Setelah itu, mereka menjelajahi kota, menikmati Idul Fitri dengan mengunjungi masjid-masjid, istana-istana, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. Tur khusus bagi wisatawan juga sering mengunjungi Pasar Besar dan Pasar Bumbu untuk pengalaman belanja yang istimewa.

Dengan beragam warisan budaya dan tradisi yang unik, Ramadan di Istanbul tidak hanya menjadi waktu ibadah, tetapi juga momen untuk merayakan persatuan, komunitas, dan kebersamaan.

Sumber : suryamalang.tribunnews.com