Manfaat Kurma Bagi Tubuh Untuk Dijadikan Takjil

Wahana BeritaKurma telah lama dipercaya sebagai sumber nutrisi yang melimpah dan memiliki sejumlah keunggulan bagi kesehatan tubuh. Selain memiliki cita rasa yang manis dan menggiurkan, kurma juga dikenal memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

Sumber Energi

Kurma mengandung banyak karbohidrat yang dapat dicerna dengan mudah, termasuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh karena itu, kurma dapat memberikan energi dengan cepat kepada tubuh, sehingga menjadi camilan yang ideal untuk meningkatkan energi saat merasa kelelahan atau lemas.

Kaya Serat

Kandungan serat diet dalam kurma merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Serat tersebut membantu mengatur pergerakan usus, mencegah terjadinya sembelit, dan mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Mengonsumsi kurma secara rutin dapat berperan dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan serta mencegah timbulnya gangguan pencernaan.

Mengandung Antioksidan

Kurma kaya akan berbagai jenis antioksidan yang berguna dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan tersebut berperan dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas. Dengan demikian, konsumsi kurma dapat membantu mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Kesehatan Jantung Terjaga

Kurma mengandung kalium, mineral yang memegang peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam kurma membantu dalam pengaturan tekanan darah dan detak jantung, serta mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Tidak hanya itu, kurma juga memiliki kandungan natrium yang rendah, yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Kesehatan Otak Meningkat

Di dalam kurma terdapat beragam nutrisi, termasuk vitamin B6 dan magnesium, yang memainkan peran penting dalam menjaga fungsi optimal otak.

Vitamin B6 berperan dalam pembentukan neurotransmiter yang esensial untuk transmisi sinyal antar sel-sel saraf, sementara magnesium membantu mengatur aktivitas otak dan meningkatkan fungsi kognitif.

Kesehatan Mata Terjaga

Kurma mengandung berbagai nutrisi yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata, termasuk vitamin A, lutein, dan zeaxanthin.

Nutrisi-nutrisi tersebut berkontribusi dalam melindungi mata dari kerusakan akibat oksidasi, menjaga kesehatan retina, serta mengurangi risiko terkena penyakit mata yang terkait dengan penuaan, seperti degenerasi makula.

Menjaga Nutrisi Selama Puasa

Kurma sangat disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa karena kandungan gula alaminya yang memberikan energi cepat serta nutrisi yang penting.

Kurma juga berperan dalam mengembalikan kadar gula darah yang rendah setelah berpuasa seharian.

Dengan mengonsumsi kurma secara teratur, Anda dapat merasakan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh Anda.

Namun, seperti makanan lainnya, penting untuk mengonsumsi kurma dalam jumlah yang moderat agar mendapatkan manfaat optimal tanpa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Sumber : liputan6.com