Makna dari istilah “2ndhand Embarrassment” yang kerap kali muncul di platform media sosial.

Wahana Berita2ndhand Embarrassment adalah istilah yang mengacu pada rasa malu yang tidak langsung atau tidak disengaja yang dirasakan oleh seseorang ketika melihat tingkah laku atau situasi memalukan yang dilakukan oleh orang lain, meskipun tidak terlalu mengenal mereka. Perasaan ini bisa terjadi saat menonton film, melihat orang yang tidak dikenal berinteraksi, atau melihat seseorang melakukan kesalahan memalukan.

Contoh dari 2ndhand Embarrassment adalah ketika seseorang merasa tidak nyaman atau merasa malu melihat adegan memalukan di TV, atau merasa ingin meninggalkan ruangan saat melihat seseorang melakukan sesuatu yang memalukan di depan umum. Orang yang merasakan 2ndhand Embarrassment cenderung ingin menghindari situasi atau orang yang membuat mereka merasa malu.

Penyebab dari 2ndhand Embarrassment biasanya karena kemampuan seseorang untuk merasakan empati terhadap orang yang melakukan tingkah laku memalukan tersebut. Mereka bisa membayangkan bagaimana perasaan mereka sendiri jika berada dalam situasi serupa, sehingga mereka merasa malu secara tidak langsung melalui orang lain.

Jadi, 2ndhand Embarrassment menunjukkan bahwa seseorang bisa merasakan empati dan berbagi perasaan dengan orang lain, bahkan jika mereka tidak secara langsung terlibat dalam situasi tersebut. Ini adalah cara untuk mengurangi atau menghindari perasaan malu yang tidak diinginkan.

Berikut adalah contoh penggunaan frasa “2ndhand Embarrassment” dalam sebuah kalimat:

Ketika saya melihat rekaman video lucu teman saya yang malu-malu karena sebuah kejadian konyol, saya merasakan 2ndHand Embarrassment yang membuat saya ikut merasa malu meskipun saya tidak ada di situasi tersebut.

 

Sumber : tekno.kompas.com