Kubu AMIN Vs Tim Prabowo Debat Panas di Sidang Pilpres, Ketua MK Menengahi

Wahana Berita – Dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2024, terjadi debat panas antara kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) sebagai pemohon dan tim kuasa hukum Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pihak terkait. Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo turut menengahi perdebatan tersebut.

Momen tersebut terjadi saat pemeriksaan saksi dari pihak AMIN di Gedung MK pada Senin (1/4/2024). Setelah saksi-saksi dari kubu Anies selesai memberikan keterangan, hakim MK memberikan kesempatan kepada para pihak untuk bertanya kepada saksi.

Salah satu anggota Tim Pembela Prabowo-Gibran, Nicholay Aprilindo, mempertanyakan dugaan intimidasi yang disampaikan oleh salah satu saksi bernama Achmad Husairi. Nicholay menyatakan bahwa Achmad tidak mengungkap identitas pelaku intimidasi tersebut.

Nicholay kemudian menekankan pentingnya saksi memberikan keterangan secara jujur tanpa menyembunyikan informasi, agar tidak ada fitnah dan dapat ditindaklanjuti dengan tepat. Dia juga menegaskan bahwa semua informasi dalam sidang MK seharusnya terbuka untuk umum.

Namun, anggota tim hukum Anies-Muhaimin, Bambang Widjojanto (BW), langsung memprotes ucapan Nicholay, menilai bahwa Nicholay telah melakukan intimidasi terhadap saksi dari pihaknya.

Suhartoyo kemudian mencoba menengahi perdebatan tersebut dengan meminta Nicholay untuk mengalihkan pertanyaannya ke hal lain, mengingat saksi sebelumnya menolak menjawab pertanyaan terkait keamanan pribadinya. Hakim MK akan menilai keterangan tersebut dalam keseluruhan persidangan.

Dengan demikian, Suhartoyo berusaha menjaga agar sidang berjalan dengan lancar dan adil bagi semua pihak yang terlibat.

 

Sumber : news.detik.com