Erick Thohir Bocorkan Isi Diskusi dengan PT LIB usai Liga 1 Dinyatakan Bergulir 15 April 2024

Wahana Berita – Diskusi antara Ketua Umum PSSI Erick Thohir dengan stakeholder Liga 1 setelah pengumuman penundaan kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air memunculkan beberapa poin penting.

Awalnya, PSSI memutuskan menunda pelaksanaan Liga 1 2023/2024 untuk menghindari polemik terkait pemanggilan pemain jelang turnamen Piala Asia U-23 2024. Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengumumkan bahwa kompetisi akan kembali bergulir pada 15 April 2024, yang bertepatan dengan awalnya gelaran AFC Asian Cup U-23.

Erick Thohir menjelaskan bahwa PSSI telah berkomunikasi dengan Liga 1 terkait pemanggilan pemain U-23 sebelumnya. PSSI meminta klub untuk melepas pemain U-23 yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memberi kesempatan kepada tim nasional yang tengah dalam momentum baik. Meskipun demikian, hanya sedikit klub yang bersedia melepas pemainnya, yang akhirnya memaksa PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1.

Namun, setelah situasi pemanggilan pemain terkendali, PSSI kembali berdiskusi dengan klub-klub Liga 1. Stakeholder menyatakan kesulitan jika Liga 1 berhenti untuk waktu yang lama, sehingga PSSI memberi restu agar Liga bergulir kembali dengan syarat pemain U-23 dimaksimalkan sesuai kesepakatan sebelumnya.

Erick Thohir juga memberikan PR kepada PT LIB untuk menyusun kalender kompetisi hingga 2027 yang disesuaikan dengan kebutuhan tim nasional. Dia menegaskan bahwa PSSI ingin bekerja sama dengan semua pihak untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dengan demikian, meskipun terjadi polemik terkait jadwal Liga 1, PSSI dan stakeholder berusaha mencari solusi yang dapat mengakomodasi kepentingan semua pihak dan menjaga harmoni dalam dunia sepak bola Indonesia.

 

Sumber : liputan6.com