Demi Pengembangan AI, Microsoft Merekrut Bos Proyek dari Google DeepMind

Wahana Berita – Rekrutan Mustafa Suleyman oleh Microsoft merupakan langkah strategis perusahaan untuk memperkuat fokusnya dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI) untuk pasar konsumen. Suleyman, yang memiliki pengalaman yang luas dalam mengelola proyek AI di perusahaan-perusahaan besar seperti DeepMind dan Google, diharapkan dapat membantu Microsoft bersaing lebih baik di ranah AI, terutama dengan perusahaan-perusahaan teknologi besar lainnya seperti Google.

Selain Suleyman, Microsoft juga merekrut beberapa karyawan dari perusahaan AI Inflection, termasuk rekan perintisnya, Karen Simonyan. Ini menunjukkan komitmen Microsoft dalam menghadirkan talenta terbaik di bidang AI untuk mengembangkan produk dan layanan yang inovatif dan berguna bagi konsumen.

Meskipun belum diketahui secara spesifik produk atau layanan AI apa saja yang akan dikembangkan oleh Suleyman dan timnya di Microsoft, kehadiran mereka di perusahaan tersebut diharapkan dapat membawa kemajuan signifikan dalam pengembangan teknologi AI untuk kepentingan konsumen.

Di tengah persaingan yang semakin ketat di industri AI, baik Microsoft maupun Google terus mengembangkan teknologi AI mereka. Contohnya, Microsoft telah mengembangkan asisten digital Copilot yang didukung oleh model bahasa besar GPT-4, sementara Google meluncurkan layanan AI Gemini untuk ponsel Android dan bahkan berencana untuk memperluas layanannya ke ponsel iPhone. Ini menunjukkan bahwa kedua perusahaan tersebut bertekad untuk memperluas dominasi mereka di pasar Kecerdasan Buatan (AI).

 

Sumber : tekno.kompas.com