Cara Memilih Kambing yang Baik untuk Kurban

Wahana Berita – Hari raya Idul Adha sebentar lagi akan tiba. Walaupun pemerintah belum mengumumkan kapan pelaksanaan hari raya idul Adha, namun Muhammadiyah telah mengumumkan lebih dahulu. Muhammadiyah menyatakan hari raya Idul Adha bertepatan dengan tanggal 28 Juni 2023. Hari raya Idul Adha identik dengan peristiwa kurban. Di Indonesia sendiri, kambing dan sapi menjadi dua hewan pilihan utama untuk kurban. Artikel ini akan mengulas bagaimana cara memilih kambing yang baik untuk kurban.

Dalam ketentuan islam, ada beberapa hewan yang diperbolehkan untuk menjadi hewan kurban.

  1. Domba
  2. Unta yang usianya minimal lima tahun
  3. Sapi atau kerbau
  4. Kambing

Kambing menjadi primadona

Di antara keempat hewan kurban tersebut, tentu masyarakat Indonesia lebih familliar untuk menjadikan kambing sebagai hewan kurbannya, Selain harganya lebih terjangkau, kambing menjadi hewan yang paling mudah ditemukan dibandingkan dengan ketiga hewan lainnya. Selain karena hewannya lebih mudah ditemukan, masyarakat Indonesia sendiri termasuk banyak yang menyukai rasa daging kambing. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya varian menu olahan daging kambing di makanan daerah nusantara.

Cara sederhana memilih kambing

Dilansir dari Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia, setidaknya ada 5 cara sederhana bagaimana kita dapat menentukan kambing yang baik untuk Kurban. 

  • Pastikan hewan ternak.

Umat islam diwajibka mengkurbankan hewannya yakni hewan ternak. Hewan ternak itu sendiri pun tidak semuanya bisa dikurbankan. Mereka haruslah sehat secara fisik dan memang layak untuk dikurbankan

  • Umur hewan kurban

Jika kita mau menjadikan unta sebagai hewan kurban, kita harus memastikan bahwa unta memiliki usia setidaknya dua tahun. Berbeda cerita dengan kambing. Kambing boleh dikurbankan setidaknya dengan usia 1 tahun. Cara untuk mengetahuinya yakni dari melihat gigi susu hewan. Jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal, maka dapat disimpulkan bahwa kambing tersebut telah berumur 12 – 18 bulan.

  • Hewan kurban tidak cacat

Hewan yang dikurbankan tentunya harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada buangan dari lubang hidung dan lain lain.

https://www.dompetdhuafa.org/jenis-hewan-kurban-menurut-ketentuan-islam/