Bek Vietnam Buka Psywar Jelang Pertandingan Melawan Timnas Indonesia: Meremehkan Pemain Naturalisasi karena Tidak Memilih Bergabung dengan Tim Eropa

Wahana Berita – Sindiran yang dilontarkan oleh bek Vietnam, Doan Van Hau, terhadap para pemain naturalisasi Timnas Indonesia telah menambah tensi persaingan jelang pertandingan melawan Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Doan Van Hau meremehkan kemampuan para pemain naturalisasi Indonesia dengan mengatakan bahwa mereka hanya memiliki kemampuan di level Asia Tenggara. Menurutnya, jika para pemain tersebut memang memiliki kualitas yang mumpuni, seharusnya mereka bergabung dengan timnas Eropa.

Namun, pandangan tersebut tidak sepenuhnya dibagikan oleh pelatih Vietnam, Philippe Troussier. Troussier justru menyatakan bahwa program naturalisasi yang tengah digencarkan oleh Timnas Indonesia dapat membawa dampak signifikan dalam meningkatkan kualitas tim nasional serta memotivasi para pemain lokal.

Troussier mencontohkan bahwa strategi naturalisasi telah membawa hasil bagi negara-negara seperti Senegal, Maroko, Kamerun, dan Ghana, yang berhasil meraih kesuksesan di level internasional. Ia juga menyebutkan bahwa Malaysia, Indonesia, dan Thailand juga menerapkan strategi serupa.

Meskipun demikian, Vietnam sendiri belum menggunakan potensi dari pemain keturunan. Troussier menyadari bahwa hal ini telah membuat Vietnam kehilangan dominasi di Asia Tenggara.

Sindiran yang dilontarkan oleh Doan Van Hau mungkin bertujuan untuk meningkatkan moral pemain Vietnam menjelang pertandingan, terutama karena Vietnam akan kehilangan sejumlah pilar penting akibat cedera. Selain itu, kekalahan mereka dari Timnas Indonesia dalam pertemuan sebelumnya juga menjadi faktor yang mempengaruhi tensi persaingan antara kedua tim.

 

Sumber : liputan6.com