Apple Rilis iOS 17.4.1, Perbaiki Bug dan Update Keamanan

Wahana BeritaApple merilis sistem operasi iOS 17.4.1 untuk pengguna iPhone secara global pada Kamis (21/4/2024). Pernyataan resmi yang disampaikan oleh Apple melalui laman Apple.com menyatakan bahwa iOS 17.4.1 membawa pembaruan perbaikan keamanan yang penting. Meskipun Apple tidak merinci masalah keamanan yang diatasi dalam pembaruan tersebut, mereka menyatakan bahwa pembaruan ini direkomendasikan untuk seluruh pengguna.

Demi melindungi pelanggan, Apple tidak akan mengungkapkan atau mendiskusikan masalah keamanan sampai proses penyelidikan selesai atau tambalan dan pembaruan dirilis secara umum. Meski demikian, Apple menyarankan pengguna untuk segera melakukan update ke iOS 17.4.1 untuk menambah lapisan keamanan baru dan menghindari masalah yang tidak diinginkan, seperti kebocoran data atau error lainnya.

Update iOS 17.4.1 dapat diakses langsung melalui menu Pengaturan (Settings) pada perangkat iPhone. Pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan (Settings).
2. Pilih General.
3. Pilih “Software Updates”.
4. Jika informasi tentang pembaruan telah muncul dengan kode nomor “21E236”, pengguna dapat langsung melakukan pembaruan.

iOS 17.4.1 tersedia untuk seluruh perangkat iPhone yang menjalankan sistem operasi iOS 17, termasuk iPhone XR, iPhone XS, dan versi yang lebih baru.

Selain pembaruan untuk iPhone, Apple juga merilis beberapa update baru untuk perangkat lainnya, seperti iPadOS 17.4.1 untuk iPad dan visionOS 1.1.1 untuk headset AR (augmented reality) buatan Apple.

Pembaruan iPadOS 17.4.1 juga telah hadir untuk pengguna di Indonesia. Pembaruan ini membawa beberapa fitur baru, termasuk emoji baru, fitur transkrip di Apple Podcast, dan perbaikan keamanan untuk meningkatkan keamanan iPad.

Pembaruan iOS 17.4.1 ini dirilis dua minggu setelah iOS 17.4, yang membawa sejumlah fitur baru untuk aplikasi Podcast, asisten virtual Siri, 100 emoji baru, dan kemampuan sideload yang khusus berlaku untuk pengguna iPhone di Eropa. Kemampuan sideload memungkinkan pengguna iPhone di Eropa untuk menginstal aplikasi dari pihak ketiga di luar App Store, sebagai tanggapan terhadap Undang-Undang Pasar Digital Uni Eropa.

 

Sumber : tekno.kompas.com